Rabu, 21 Oktober 2020

PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM

 

Hakikatnya pendidikan merupakan upaya yang dilakukan orang dewasa dalam mendewasakan seorang anak manusia . Dalam kegiatan pendidikan perlu adanya dukungan dalam maupun dukungan dari luar. Hal ini disebut sebagai pendidikan sebagai sistem. Dalam materi ini terdapat lima hal pokok yaitu :

  1. Raw Input atau Entering behaviorDimana perilaku awal sebelum siswa diproses dalam ruang pendidikan, peserta didik harus melakukan kesiapan untuk mengikuti proses pada jenjang pendidikan tertentu. Kesiapan yang dimaksud ini adalah kesiapan dimana potensi, bakat ataupun kemampuan peserta didik sudah cukup untuk di kembangkan dalam belajar di jenjang pendidikan sesuai aturan aturan dan tingkatan yang berlaku. Tanpa kesiapan yang jelas maka proses pendidikan ini akan sangat sulit karena jika peserta didiknya sudah tidak mampu/tidak siap maka akan mungkin terjadinya kesulitan dalam kelancaran proses pendidikan. Oleh karenanya perlu upaya penjaminan standar awal dari bahan mentah / calon peserta didik yang akan diolah dengan cara seleksi penerimaan siswa disekolah.
  2. Instrumental Input : Instrumental input terkait mengenai 
  • administrasi
  • kurikulum
  • kualitas guru
  • sarana
  • materi
  • sumber media
  • metode dan pendekatannya 
         merupakan indikator agar suatu proses pendidikan berjalan dengan baik. Bagus atau tidaknya sebuah sekolah ditentukan oleh seberapa baiknya kualitas dari seorang pendidik. Begitu juga dengan upaya penjaminan kualitas guru, serta factor – factor instrumental input yang lain seperti ketersediaan sarana dan media pembelajaran disekolah dan lain sebagainya harus di perhatikan. Oleh karenanya menjadi tugas Pemerintah untuk menjaga kondisi tersebut agar mendukung proses pendidikan jika ingin mendapatkan generasi-generasi yang diharapkan negara untuk masa yang akan datang.

       3. Environmental InputFaktor-faktor yang berasal dari luar seperti lingkungan ataupun kondisi alam, baik dari iklim maupun dari letak geografis. Artinya keadaan cuaca, situasi keamanan masyarakat yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi proses pendidikan. Faktor environmental terkait juga dengan faktor non alam seperti kondisi flora dan fauna, baik kondisi kehidupan manusia baik dari sisi 
  • sosial
  • ekonomi
  • budaya
  • politik
  • demokrasi
semakin baik dan siap perilaku awal dari peserta didik dan semakin siap dan berkuaitas instrumental berikut serta dukungan positif dari environemental itu maka secara langsung akan mempengaruhi proses pendidikan sehingga diharapkan akan menghasilkan outpiut atau lulusan yang diterima oleh masyarakat dan mampu bersaing karena output tersebut sudah mendapatkan pendidikan yang tepat, sudah mendapatkan proses pendidikan yang berkualitas sehingga ouput tersebut benar benar layak pada kehidupan masyarakat ataupun bermanfaat bagi orang lain...

TERIMA KASIH  

2 komentar:

TOKOH TOKOH PENDIDIKAN DAN PEMIKIRANNYA